Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno akan Bicara di ICJ, Dukung Aduan Genosida ke Israel

Delia Arnindita Larasati
16 January 2024 14:30

Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia secara tegas memberikan dukungan pada gugatan yang dilayangkan oleh Afrika Selasan ke Mahkamah Internasional (International Court of Justice/IJC) terhadap Israel terkait genosida di Palestina. Hal ini dilakukan atas komitmen Indonesia untuk terus memberi dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

"Walaupun belum menjadi pihak Konvensi Genosida, Indonesia telah memberikan dukungan kepada Afrika Selatan untuk mengadukan pelanggaran Israel atas Konvensi Genosida di ICJ," ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam pertemuan dengan pakar hukum internasional di kantornya pada Selasa (16/1).

"Inti dari semua yang dilakukan Indonesia adalah mencari semua cara yang memungkinkan untuk terus memberikan dukungan bagi perjuangan bangsa Palestina," lanjutnya.

Lebih lanjut, Retno mengatakan Indonesia telah memberi masukan mengenai pandangan hukum terkait agresi Israel ke Palestina dalam masukan tertulis dan lisan.

Seorang warga Palestina membawa jenazah korban yang tewas akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Masukan tertulis telah disampaikan oleh Indonesia kepada ICJ pada Juli 2023. Sementara pernyataan lisan baru akan disampaikan oleh Menlu pada 19 Februari 2024 di ICJ.