Logo Bloomberg Technoz

Diberitakan sebelumya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memprediksi pemerintah akan menaikkan upah buruh lebih rendah atau setengah dari kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/POLRI.  

“Memakai rumusan omnibus law bahwa kenaikan upah minimum berdasarkan inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan index tertentu (0,1-0,3%), maka kenaikan upah minimum (diperkirakan) berkisar 3,2%-4,4%. Padahal, tuntutan kenaikan upah yang diajukan adalah 15%,” ujar Said Iqbal. 

Dengan demikian, Partai buruh dan KSPI menolak kenaikan upah yang dinilai rendah ini. KSPI akan menggelar mogok nasional untuk menghentikan produksi 5 juta buruh di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) belum ingin memberikan respons atas gugatan buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 15% tahun depan.

"Kami menunggu formula peraturan yang ditetapkan pemerintah sesuai revisi PP Nomor 36," ujar Ketua Umum Apindo, Shinta Kamdani kepada Bloomberg Technoz, Minggu (5/11/2023).

(dov/ain)

No more pages