Logo Bloomberg Technoz

Hamas: Proposal Gencatan Senjata Sedang Ditinjau dengan Positif

News
03 May 2024 07:00

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Kateryna Kadabashy - Bloomberg News

Bloomberg, Hamas sedang mempelajari proposal untuk gencatan senjata sementara dengan Israel dalam "semangat yang positif," seiring tekanan internasional yang meningkat pada kedua pihak untuk mencapai kesepakatan dan mengakhiri konflik yang telah mengguncang Timur Tengah.

Menurut komentar oleh pemimpin senior Hamas Ismail Haniyeh yang diposting di Telegram pada Kamis (02/05/2024), kelompok yang didukung Iran tersebut berencana mengirim delegasi ke Mesir "secepat mungkin" untuk melanjutkan negosiasi.

Haniyeh berbicara kepada Abbas Kamal, kepala direktorat intelijen jenderal Mesir. Pemimpin Hamas itu juga membahas situasi tersebut dengan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed Bin Abdulrahman Al Thani, dan keduanya sepakat untuk melanjutkan pembicaraan dengan tujuan mencapai kesepakatan.

Israel mengatakan mereka hanya akan mempertimbangkan untuk bergabung dalam pembicaraan gencatan senjata jika Hamas menanggapi proposal terbaru yang diperantarai secara internasional untuk gencatan senjata sementara dan pembebasan sandera. Konflik tersebut telah berlangsung di Gaza selama hampir tujuh bulan, dan sebagian besar wilayah Gaza telah menjadi puing-puing.