Logo Bloomberg Technoz

Turki Setop Semua Perdagangan dengan Israel karena Perang di Gaza

News
03 May 2024 06:50

Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)

Firat Kozok, Selcan Hacaoglu dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Turki menegaskan akan menghentikan semua perdagangan dengan Israel sampai negara tersebut mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang cukup dan tanpa gangguan ke Gaza. Menurut dua pejabat yang mengetahui masalah tersebut, penghentian akan berlaku pada Kamis (02/05/2024) pagi.

Turki memutuskan untuk memperluas pembatasan bulan lalu pada beberapa ekspor Turki ke Israel karena “memburuknya tragedi kemanusiaan di Palestina,” kata Kementerian Perdagangan dalam sebuah pernyataan. Dia menambahkan bahwa upaya sedang dilakukan untuk memastikan warga Palestina tidak terkena dampak buruk.

Langkah ini menambah ketegangan yang sudah tinggi antara sekutu yang pernah dekat ini terkait perang di Gaza saat Presiden Recep Tayyip Erdogan meningkatkan kritiknya terhadap negara Yahudi tersebut, dan mencoba mengkonsolidasikan dukungan di kalangan pemilih konservatif di dalam negeri.

“Fase kedua dari langkah-langkah yang diambil di tingkat negara bagian telah dimulai, dan transaksi ekspor dan impor yang terkait dengan Israel telah ditangguhkan untuk mencakup semua produk,” menurut pernyataan tersebut. “Turki akan secara tegas menerapkan langkah-langkah baru ini sampai pemerintah Israel mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang cukup dan tanpa gangguan ke Gaza.”

Ekspor Turki ke Israel. (Sumber: Bloomberg)