Logo Bloomberg Technoz

AS Bantah Terapkan Standar Ganda ke Dugaan Pelanggaran HAM Israel

News
23 April 2024 12:30

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan kepada wartawan di Washington pada Senin (22/04/2024) bahwa Amerika Serikat (AS) sedang memeriksa tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan hukum internasional di Gaza—baik oleh Israel maupun Hamas—dan tidak akan menerapkan standar ganda.

"Apakah kita memiliki standar ganda? Jawabannya tidak,” kata Blinken sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang bagaimana pemerintahan Biden menangani tuduhan pelanggaran HAM oleh pasukan Israel di Gaza, dibandingkan dengan yang dikaitkan dengan Hamas.

Komentar diplomat utama AS ini muncul setelah kritik bahwa pemerintah tidak memberikan tekanan yang cukup kepada Israel untuk mengurangi krisis kemanusiaan di Gaza. Ia juga berbicara seiring munculnya laporan bahwa pemerintah berencana memberi sanksi kepada batalion tentara ultra-Ortodoks Israel karena pelanggaran hak asasi manusia di Tepi Barat.

Blinken mengatakan bahwa pemerintah sedang terlibat dalam proses yang “sangat hati-hati” untuk menilai tindakan Israel di bawah ketentuan “hukum Leahy” yang melarang pemerintah AS memberikan bantuan kepada pasukan keamanan asing yang terlibat dalam pelanggaran HAM yang parah. Ia menolak memberikan waktu untuk penilaian formal, namun menambahkan bahwa “kami akan menyampaikan lebih banyak hal” dalam beberapa hari mendatang.