Logo Bloomberg Technoz

Gedung DPR Belum Masuk Perencanaan Groundbreaking di IKN

Mis Fransiska Dewi
02 April 2024 19:10

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan hingga saat ini belum ada rencana peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan gedung DPR dan MPR RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki menambahkan, dia mendapatkan informasi dari Menteri Sekretaris Negara baru ada tiga dari 31  organisasi yang berdasarkan Undang-undang berkedudukan di IKN melakukan groundbreaking.

“Memang belum. Baru tiga yang groundbreaking yakni BI, BPJS, dan OJK. Yang lain belum ada. DPR, MPR, DPD, itu belum ada,” kata Basuki di komplek Parlemen DPR, Selasa (2/4/2024). 

Seperti diketahui, dalam pembahasan RUU DKJ, pertengahan Maret lalu, DPR mengungkapkan perihal keinginannya menetap di Jakarta dan menolak pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

DPR meminta pemerintah untuk memasukkan ketentuan dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) bahwa daerah ini akan dijadikan ibu kota khusus bidang legislasi, namun pemerintah menolak.