Logo Bloomberg Technoz

MenkopUKM Teten Usul Produk Impor Masuk Lewat Pelabuhan Sorong

Tara Marchelin
29 March 2023 08:12

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (Dok. Humas Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (Dok. Humas Kemenkop UKM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM), Teten Masduki mengusulkan agar produk-produk impor tidak langsung masuk ke Pulau Jawa, agar produk lokal dapat menjadi kompetitif. Teten menyarankan agar produk impor masuk melalui Pelabuhan Sorong.  

“Saya sudah usulkan ke Pak Mendag kemarin agar produk-produk impor mungkin jangan langsung masuk ke pasar di Jawa. Berlabuhnya produk impor itu katakanlah di Pelabuhan Sorong, Jayapura, sehingga nanti masih bisa kompetitif produk lokal itu,” kata Teten setelah konferensi pers di Tempat Penimbunan Pabean (TPP) DJBC, Kawasan Industri Jababeka III, Jawa Barat pada Selasa (28/3/2023). 

Teten mengatakan hal tersebut dapat memberi dampak baik bagi tol laut yang selama ini lebih banyak mengangkut muatan dari wilayah barat ke timur. Sementara untuk rute sebaliknya, kosong.

Akibatnya, biaya logistik untuk produk-produk yang dikirim ke Indonesia Timur dibebankan pada pengirim dari barat. Ia menambahkan barang-barang impor yang masuk sebaiknya dipusatkan pada satu tempat agar mudah dikontrol.

“Menurut saya, di-pooling di satu tempat. Misalnya, produk-produk impor dilabuh di Pelabuhan Sorong sehingga gampang kontrolnya. Kalau ada dari pelabuhan-pelabuhan lain yang mau masuk, itu sudah pasti ilegal,” jelasnya.