Logo Bloomberg Technoz

Israel Tak Ikut Pembicaraan Gencatan Senjata Sampai Hamas Respons

News
01 May 2024 06:55

Warga Palestina mengangkut harta benda mereka setelah serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mengangkut harta benda mereka setelah serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Alisa Odenheimer - Bloomberg News

Bloomberg, Israel akan mempertimbangkan untuk bergabung dalam perundingan gencatan senjata dengan Hamas hanya jika kelompok militan tersebut menanggapi proposal terbaru yang dimediasi secara internasional untuk gencatan senjata sementara dan pembebasan sandera, demikian laporan media pemerintah Israel, Kan News.

Mengutip seorang pejabat politik yang tidak disebutkan identitasnya, Kan mengatakan bahwa pemerintah Israel mengharapkan jawaban dari kelompok militan yang didukung Iran itu pada Rabu malam. Di bawah persyaratan terbaru untuk jeda permusuhan, pasukan Israel telah setuju untuk menarik diri dari beberapa bagian Gaza, menurut Kan.

Israel telah melancarkan kampanye militer terhadap Hamas sebagai tanggapan atas invasi 7 Oktober oleh para militan ke wilayah selatan, yang menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

Pasukan Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza selama konflik yang telah berlangsung hampir tujuh bulan ini, dengan tujuan utama untuk menghancurkan Hamas dan mencegah serangan berulang.