Logo Bloomberg Technoz

JCR Pertahankan Rating Kredit RI BBB+, Begini Respons Gubernur BI

Azura Yumna Ramadani Purnama
26 March 2024 10:40

Ilustrasi Ekonomi Indonesia (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ekonomi Indonesia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Pemeringkat Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) mempertahankan peringkat kelayakan kredit (Sovereign Credit Rating) Indonesia pada level BBB+ (Investment Grade) dengan prospek stabil pada 22 Maret 2024.

Keputusan tersebut mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi yang kuat dan utang pemerintah yang terkendali. Dalam hal ini, JCR memprediksi utang Indonesia akan menurun secara perlahan, sejalan dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi dan defisit fiskal.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan peringkat BBB+ dengan prospek stabil mencerminkan keyakinan pemangku kepentingan internasional terhadap Indonesia tetap kuat, seiring terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia.

“Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan serta sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan Pemerintah. Ke depan, Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik,” kata Perry dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (26/3/2024).

Lebih lanjut, Perry menjelaskan BI akan terus merumuskan dan melaksanakan kebijakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, termasuk penyesuaian stance kebijakan bila diperlukan, hingga terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah  untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.