Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu Soal Peringkat Utang RI dari Fitch: Bukti Fiskal Sukses

Lavinda
19 March 2024 07:00

Gedung Kementerian Keuangan. (Dok kemenkeu.go.id)
Gedung Kementerian Keuangan. (Dok kemenkeu.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga pemeringkat utang, Fitch Ratings, kembali mempertahankan peringkat kredit Indonesia pada posisi BBB dengan prospek stabil, Jumat (15/3/2024).

Kementerian Keuangan mengeklaim keputusan ini mencerminkan kesuksesan Indonesia dalam mencapai konsolidasi fiskal yang cepat. Ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan yang solid, kebijakan yang terkalibrasi dengan baik, serta stabilitas ekonomi dan kondisi eksternal yang stabil pascapandemi Covid-19.

Ke depan, Kemenkeu memaparkan pemerintah akan menerapkan kebijakan fiskal yang sehat dan berkelanjutan, serta tetap waspada terhadap risiko global.

"Pemerintah juga terus berkomitmen dalam melindungi daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, dan mempertahankan momentum pemulihan ekonomi," demikian tertulis dalam keterangan pers yang dipublikasikan Kemenkeu, Selasa (19/3/2024).

Fitch menilai Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang positif dalam jangka menengah, didukung oleh stabilitas ekonomi dan rasio utang pemerintah yang relatif rendah terhadap produk domestik bruto (PDB).