Logo Bloomberg Technoz

Tanggapi Fitch Ratings, Sri Mulyani Janji Terapkan Fiskal Sehat

Redaksi
19 March 2024 10:30

Fitch (Sumber: Bloomberg)
Fitch (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di bawah pimpinan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan bahwa pemerintah akan menerapkan kebijakan fiskal yang sehat dan berkelanjutan, melindungi daya beli masyarakat, serta tetap waspada terhadap risiko global.

Pernyataan ini menanggapi pernyataan lembaga pemeringkat utang, Fitch Ratings, yang kembali mempertahankan peringkat kredit Indonesia pada posisi BBB dengan prospek stabil, pada Jumat (15/3/2024). Kendati demikian, Fitch menilai pendapatan negara dan indikator struktural masih relatif lebih rendah dibanding negara-negara peers 'BBB', dan hal ini masih menjadi tantangan bagi Indonesia. 

"Pemerintah juga terus berkomitmen melindungi daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, dan mempertahankan momentum pemulihan ekonomi," demikian tertulis dalam keterangan pers yang dipublikasikan Kemenkeu, Selasa (19/3/2024).

Fitch menilai Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang positif dalam jangka menengah, didukung oleh stabilitas ekonomi dan rasio utang pemerintah yang relatif rendah terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Fitch juga memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid, didorong oleh investasi domestik yang kuat dan konsumsi dalam negeri yang stabil."