Logo Bloomberg Technoz

Akuisisi Aset Citibank Indonesia, UOB Bayar Tunai Rp1,06 T

Lavinda
21 November 2023 14:10

Ilustrasi Citibank. (Stephanie Keith/Bloomberg)
Ilustrasi Citibank. (Stephanie Keith/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank UOB Indonesia baru saja mengambil alih bisnis konsumen milik Citibank N.A cabang Indonesia, dan membayar tunai aset bersih dan premium Rp1,06 triliun.

Sekretaris Perusahaan UOB Susilowati menyatakan UOB menyelesaikan perjanjian jual beli aset dan liabilitas terhadap bisnis konsumer Citibank cabang Indonesia pada 18 November 2023. Sumber dana untuk transaksi berasal dari dana internal perusahaan.

"Jumlah pembayaran tunai didasarkan pada aset bersih dan premium sebesar Rp 1,06 triliun. Pembayaran dilakukan secara tunai pada 18 November 2023," ujar Susilowati dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (21/11/2023).

Dalam proses ini, migrasi mencakup bisnis perbankan ritel, kartu kredit, dan pinjaman tanpa agunan, serta perpindahan karyawan.

Di level global, Citi dan UOB pertama kali mengumumkan transaksi ini pada Januari 2022 sebagai bagian dari perjanjian penjualan yang lebih luas yang mencakup perbankan konsumen di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.