Logo Bloomberg Technoz

Keinginan Freeport Indonesia untuk meminta relaksasi ekspor konsentrat tembaga selepas Mei 2024 pertama kali diberitakan oleh Bloomberg Technoz medio bulan ini, setelah pengelola tambang Grasberg itu menyatakan smelter Manyar baru bisa berproduksi pada Agustus 2024.

Dalam kaitan itu, Vice President Corporate Communications Freeport Indonesia Katri Krisnati menjelaskan pabrik pengolahan katoda tembaga PTFI di Manyar, Gresik, Jawa Timur baru akan sanggup mencapai produksi maksimal pada akhir tahun depan.

Dengan demikian, Freeport mengeklaim masih memerlukan waktu sebelum bisa benar-benar menyetop ekspor konsentrat tembaga, hingga smelter Manyar dapat memproduksi katoda dengan kapasitas penuh.

Smelter PTFI masih dalam proses ramp up produksi hingga Desember 2024 untuk mencapai kapasitas produksi maksimal, sehingga masih diperlukan izin ekspor konsentrat tembaga setelah Mei 2024,” ujarnya saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/10/2023) malam.

Di tempat terpisah akhir pekan lalu, Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan sedianya perusahaan tambang mineral yang telah mendapatkan izin ekspor harus tetap mematuhi aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No. 7/2023 tentang Kelanjutan Pembangunan Fasilitas Pemurnian Mineral Logam Dalam Negeri.

Dengan demikian, Arifin sekaligus mensinyalir tidak akan merevisi aturan yang mengharuskan konsentrat tembaga untuk tidak dijual ke luar negeri mulai pertengahan tahun depan.

"Enggak, masih tetap sesuai dengan aturan," ujar Arifin, ditemui di kantornya, Jumat (20/10/2023).

Berdasarkan laporan keuangan Freeport-McMoRan, volume ekspor konsolidasi untuk 2023 diperkirakan sekitar 4,06 miliar pon tembaga, 1,74 juta ons emas, dan 80 juta pon molibdenum; termasuk 1,1 miliar pon tembaga, 580.000 ons emas, dan 20 juta pon molibdenum pada kuartal IV-2023.

“Proyeksi volume penjualan bergantung pada kinerja operasional, dimulainya kembali ekspor slime anoda di PTFI, kondisi cuaca, waktu pelaksanaan pengiriman dan faktor lainnya,” tulis McMoRan.

Sepanjang kuartal III-2023, produksi konsolidasi Freeport mencapai 1,1 miliar pon tembaga, 532.000 ons emas, dan 20 juta pon molibdenum.

Harga realisasi rata-rata pada kuartal ketiga tahun ini adalah US$3,80 per pon untuk tembaga, US$1,898 per ons untuk emas, dan US$23,71 per pon untuk molibdenum.

(wdh)

No more pages