Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Buka Seleksi CPNS 2024 Tiga Periode, Dimulai Maret

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 January 2024 07:00

Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)
Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah akan membuka seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) sebanyak tiga kali dan akan dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang. Seleksi terdiri dari, calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryo Dwi Putranto mengatakan pengumuman dan seleksi CPNS 2024 akan dilakukan sebanyak tiga periode, dengan periode pertama dimulai pada Maret mendatang.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak tiga periode,” ujar Haryo, dikutip dari laman BKN, Jumat (19/01/2024).

Selanjutnya, untuk periode II akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Juni 2024. Kemudian pada periode III akan dilaksanakan pada Agustus 2024.

Haryo menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2023, pihaknya akan melakukan sejumlah pembaruan pada seleksi CPNS 2024 ini. Yakni, perbaikan fase seleksi administrasi yang didalamnya termasuk kualifikasi pendidikan, sertifikat yang tidak valid, pengalaman kerja, dan NIK yang tidak ditemukan.