Logo Bloomberg Technoz

"Ada peningkatan permainan dari Rusia" yang menargetkan Israel, meskipun tidak jelas apakah serangan-serangan itu didukung oleh negara atau oportunis, kata Dor. 

Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Perang di Jalur Gaza berawal dari serangan ribuan roket ke Israel yang menyebabkan 1.200 orang meninggal dunia. Israel pun membalas dengan membombardir dan melakukan invasi darat di Gaza. Perang tersebut telah menyebabkan 24.000 warga Palestina meninggal dunia.

Sementara pertempuran terkonsentrasi di Gaza, Israel dan Hizbullah pun terus melakukan baku tembak di perbatasan Lebanon. Ratusan ribu warga sipil Israel telah dievakuasi dari kota-kota di bagian utara.

Aliansi milisi Iran termasuk Hizbullah dan Hamas, serta pemberontak Houthi Yaman yang telah menjadi sasaran serangan udara AS dan Inggris dalam upaya untuk menghentikan serangan pengiriman di Laut Merah. Hamas dan sayap militer Hizbullah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa.

Israel bulan lalu mengatakan bahwa mereka menggagalkan upaya serangan siber terhadap sebuah rumah sakit yang oleh pemerintah dikaitkan dengan Hizbullah dan Iran. Pada hari yang sama, Iran menyalahkan serangan siber yang mengganggu SPBU di seluruh negeri pada Israel dan AS.

(bbn)

No more pages