Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Pembangunan Pipa Gas Trans Kalimantan Belum Jadi Prioritas

Sultan Ibnu Affan
11 January 2024 19:30

Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih belum memprioritaskan proyek transmisi pipa gas Kalimantan, yang sebelumnya sudah lama terkatung-katung.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Laode Sulaeman mengatakan, hal itu disebabkan lantaran pihaknya kini tengah fokus menyelesaikan proyek pipa gas dari Jawa Timur hingga Aceh.

Pasalnya, penuntasan megaproyek tersebut dinilai lebih menguntungkan secara ekonomis, sejalan dengan tumbuhnya industri yang menyebabkan kebutuhan gas makin banyak di kedua pulau tersebut.

"Trans Kalimantan sampai saat ini kita belum menjadikan PSN, karena memang kita lihat skala ekonominya. Kebutuhannya di pulau Jawa dan Sumatera yang paling besar untuk gas," ujarnya saat ditemui, Kamis (11/1/2024).

Laode mengatakan, pihaknya hingga kini masih fokus untuk menyelesaikan pembangunan pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) tahap 2 (ruas Batang-Kandang Haur Timur), yang akan di mulai pada Juni 2024, dan target selesai di pengujung 2025 melalui alokasi APBN dengan skema multi years contract senilai Rp3,3 triliun.