Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tegaskan Dia Komentari Debat Capres untuk 3 Calon Bukan 1

Pramesti Regita Cindy
09 January 2024 16:55

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 9 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 9 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa komentarnya tentang debat capres bukan untuk membela salah satu calon presiden (capres). Dia mengatakan, dirinya berbicara tentang debat secara keseluruhan agar menjadi bahan evaluasi.

"Saya berbicara untuk ketiga calon dan untuk perbaikan-perbaikan ke depan juga untuk introspeksi kita semuanya dan juga untuk evaluasi kita semuanya," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

"Saya tidak berbicara satu calon dua calon," lanjut Jokowi saat akan berangkat menuju tiga negara ASEAN tersebut yakni Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam. 

Sebelumnya komentar Jokowi soal debat capres tak mendidik menjadi perhatian publik lantaran selama ini Presiden Jokowi cenderung meng-endorse Prabowo Subianto yang performanya kurang di debat. Kebijakan Prabowo dalam bidang pertahanan juga banjir kritik dari capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Jokowi menilai debat capres-cawapres ketiga berlangsung mengecewakan. Menurut dia, konten perdebatan yang cenderung berisi saling serang antarcalon tak memberikan pendidikan yang baik bagi masyarakat dan pemilih di Pemilu 2024.