Logo Bloomberg Technoz

Duduk Perkara Istilah Omon-omon Prabowo yang Viral di Medsos

Sultan Ibnu Affan
08 January 2024 00:40

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo & Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technboz/Andrean Kristianto)
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo & Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technboz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebutan omon-omon yang mengacu pada omong-omong yang diucapkan oleh Capres Prabowo Subianto bertengger di platform media sosial X- dahulu Twitter dan masuk trending nomor 3 di Indonesia. Kata 'omon' ini diucapkan Prabowo berulang-ulang pada saat merespons Anies Baswedan saat mereka menjawab pertanyaan panelis soal cara Indonesia agar mengoptimalkan kerja sama selatan-selatan.

Jadi tidak hanya omon, omon, omon kerjanya omon saja tidak bisa tidak bisa, ing ngarso sung tulodo

Prabowo

Prabowo mengatakan, tidak bisa dipungkiri membangun negara termasuk ekonomi harus dilakukan dahulu sebelum bisa membawa cerita dan teladan ke negara selatan-selatan yakni yang mengacu pada klaster negara yang ekonominya berkembang hingga rendah tersebut.

"Saya kok banyak setuju dengan pak Ganjar kalau benar masuk akal saya setuju kalau ngomong-ngomong-ngomong ya kumaha jadi leadership apakah negara apakah perorangan terutama negara harus dengan contoh ing ngarso sung tulodo kita memimpin kita mau bawa agenda cerita itu cerita omon, omon omon ya tak bisa," kata Prabowo yang awalnya merasa sepakat dengan Ganjar tetapi tidak dengan Anies yang sempat mengkritik jawabannya.

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technboz/Andrean Kristianto)

"Kenapa negara-negara selatan melihat ke Indonesia karena kita berhasil membangun ekonomi kita, jadi tidak hanya omon, omon, omon kerjanya omon saja tidak bisa tidak bisa, ing ngarso sung tulodo," ujar Prabowo lagi.

Sebelumnya Capres Anies Baswedan mengkritik jawaban Prabowo yang menurut dia tak menjawab pertanyaan panelis.

Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technboz/Andrean Kristianto)