Logo Bloomberg Technoz

Koalisi Indonesia Maju akan Umumkan Cawapres Sebelum 10 Oktober

Yunia Rusmalina
12 September 2023 17:40

Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)
Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan bahwa Koalisi Maju akan mengumumkan paket lengkap capres dan cawapres sebelum 10 Oktober 2023. Hal itu terjadi karena ada rencana peraturan KPU (PKPU) bahwa pendaftaran capres-cawapres ke KPU RI akan dimajukan. PAN merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju bersama Partai Gerindra dan Partai Golkar yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menerangkan bahwa PAN tetap akan mengusulkan Erick Tohir sebagai bakal calon wakil presiden 2024 untuk Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

"Cawapres ya insyaallah sebelum tanggal 10 Oktober sudah akan diumumkan pak Prabowo bersama dengan anggota Koalisi Indonesia maju," ungkap Viva di kantor DPP PAN, Jakarta pada Selasa (12/9/2023). 

Dia mengatakan, partai politik anggota Koalisi Indonesia maju sering bertemu dan membahas progres soal cawapres namun memang tak selalu disampaikan kepada publik.

"Erick Thohir merepresentasi anak muda, milenial, profesional. Dia juga seorang santri (aktif di bidang) olahraga dan kriteria tersebut akan memiliki nilai elektoral yang penting untuk calon wakil presiden," tuturnya.