Logo Bloomberg Technoz

PAN Tak Keberatan Pendaftaran Capres-Cawapres Dimajukan

Yunia Rusmalina
12 September 2023 14:20

Ilustrasi kotak suara KPU. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kotak suara KPU. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan bahwa PAN tidak keberatan dengan jadwal pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden  (cawapres) ke KPU RI yang rencananya akan dimajukan. Diketahui PAN saat ini merupakan partai yang ada dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Partai Gerindra dan Partai Golkar dan PBB usai PKB Hengkang dan merapat ke Partai NasDem.

"Kalau untuk jadwal pendaftaran pasangan capres dan cawapres dari tanggal 19 Oktober dimajukan ke tanggal  10 Oktober  2023 PAN menyatakan tidak keberatan, toh majunya hanya beberapa hari saja," ungkap Viva dalam acara jumpa pers di kantor DPP PAN, Jakarta pada Selasa (12/9/2023). 

Namun terkait dengan cawapres, PAN belu memberikan keputusan  calon cawapres yang akan  bersanding dengan Prabowo Subiantio. Diketahui PAN mendorong agar Erick Thohir bisa dijadikan bakal cawapres.

"Terkait cawapres, nantinya akan diputuskan oleh pak Prabowo bersama dengan anggota koalisi Indonesia maju," tuturnya. 

Hingga ini partai anggota koalisi sudah menyatakan beberapa bakal calon cawapres. PAN mengusulkan  Erick Tohir. Partai Golkar sendiri masih mengusulkan Airlangga. Sementara PBB mengusulkan Yuzril Mahendra.