Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Utus Menteri Bahlil Temui Warga Rempang Batam

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 September 2023 14:55

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meminta Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia untuk bertemu dengan warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau. Menurut dia, pemerintah akan menjelaskan lebih detail tentang rencana proyek strategis nasional (PSN) Rempang Eco City yang ditolak masyarakat setempat.

"Ya, itu komunikasi yang kurang baiklah. Saya kira kalau warga diajak bicara, diberikan solusi," kata Jokowi seperti dikutip pada Selasa (11/9/2023).

Menurut dia, pemerintah dan warga setempat sebenarnya sudah mencapai kesepakatan dalam rencana pembangunan kawasan seluas 17 hektare tersebut. Para penduduk yang terdampak lokasi pembangunan akan diberikan lahan seluas 500 meter persegi dan bangunan tipe 45.

"Ini kurang dikomunikasikan dengan baik sehingga terjadi masalah," ujar Jokowi.

Rempang Eco City adalah proyek Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), Pemerintah Kota Batam, dan PT Makmur Elok Graha. Proyek ini akan menjadi masa depan ekonomi masyarakat Batam dengan menciptakan industri dan ekonomi hijau.