Logo Bloomberg Technoz

Hotel Sultan Diambil Alih, Mahfud MD Pastikan Karyawan Aman

Fransisco Rosarians Enga Geken
08 September 2023 18:00

Plt Menkominfo Mahfud MD memberikan keterangan mengenai peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA 1 (Tangkapan Layar Instagram @mohmahfudmd)
Plt Menkominfo Mahfud MD memberikan keterangan mengenai peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA 1 (Tangkapan Layar Instagram @mohmahfudmd)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud atau Mahfud MD mengatakan, karyawan Hotel Sultan tak akan terdampak pada pengembalian lahan Blok 15 Gelora Bung Karno (GBK). Dia mengklaim, Hotel Sultan akan tetap beroperasi meski pemerintah meminta PT Indobuildco segera hengkang dari kawasan tersebut. 

“Berpindah owner tapi kegiatan bisnis [Hotel Sultan] tetap terlindungi,” kata Mahfud usai rapat di kantornya, Jumat (8/9/2023).

Mahfud mengatakan, pemerintah hanya meminta perusahaan Pontjo Sutowo tersebut segera menyerahkan lahan seluas 13 hektar yang sempat diberikan negara dengan hak guna bangun (HGB) nomor 26 dan 27, pada 1973. Hal ini merujuk pada batas kadaluarsa HGB tersebut yaitu 50 tahun pada Maret dan April 2023.

“Kita harap dikosongkan dengan baik-baik. Proses pengosongan akan dilakukan secara persuasif,” ujar Mahfud.

Polemik pemerintah dan Indobuildco sudah berjalan puluhan tahun. Pontjo Sutowo sempat menggugat surat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) nomor 1 Gelora yang dikantongi Sekretariat Negara. Di dalam HPL tersebut, pemerintah tercatat turut menguasai Blok 15 atau area HGB 26 dan 27.