Logo Bloomberg Technoz

Terlibat Korupsi, Jokowi Resmi Pecat Johnny Plate dari Menkominfo

News
20 May 2023 09:09

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika tersangkut kasus korupsi BTS. (Dok Bloomberg)
Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika tersangkut kasus korupsi BTS. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memecat Johnny G. Plate dari jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyusul ditetapkannya Johnny sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan infrastruktur BTS 4G.

Pemerintah mengumumkan pemecatan Plate dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, tertanggal 19 Mei 2023, setelah sebelumnya menunjuk pengganti sementara untuk posisi itu.

Plate saat ini ditahan setelah melalui proses investigasi terhadap dugaan korupsinya pada proyek tersebut. Pria asal Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut tengah menjalani penahanan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan, terhitung sejak Rabu (17/5/2023).

“Disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," demikian bunyi Keppres tersebut.

Sebelumnya, Bloomberg Technoz melaporkan pihak Istana mengatakan Jokowi telah mengantongi nama pengganti Johnny di kursi Menkominfo.