Logo Bloomberg Technoz

BREN Ungkap Pemicu Fluktuasi Saham yang Berujung Pada Suspensi

Sultan Ibnu Affan
28 May 2024 08:55

Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)
Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) menjelaskan soal peningkatan harga saham perseroan yang signifikan, yang berujung pada penghentian sementara perdagangan atau suspensi sahamnya oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (27/5/2024) kemarin.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan BREN Merly menjelaskan, fluktuasi harga saham tersebut sedianya merupakan respons investor terhadap sektor perseroan yang bergerak m bidang energi baru dan terbarukan (EBT), yang tengah banyak diminati dan mendapat perhatian secara global.

"Saat ini tidak banyak saham disektor usaha energi terbarukan yang mencatatkan sahamnya di BEI, yang dapat memberikan pilihan kepada investor yang ingin berinvestasi," ujar Merly dalam keterbukaan informasinya, dikutip Selasa (28/5/2024).

Merly juga menilai bahwa keinginan investor untuk membeli saham BREN ditujukan untuk investasi jangka panjang atau long term, bersamaan dengan adanya kewajiban ke industri untuk memiliki portofolio investasi disektor EBT.

Selain itu, lanjut dia, peningkatan harga dan volume transaksi yang terjadi dalam kurun waktu 2 bulan ke belakangan juga ditengarai diakibatkan masuknya saham Perseroan ke dalam S&P Global Clean Energy Index & iShares Clean Energy pada 19 April 2024.