Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Ungkap Alasan Bakal Beri Izin Tambang ke Ormas Keagamaan

Dovana Hasiana
29 April 2024 18:40

Menteri Investasi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Menteri Investasi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah berencana memberikan izin usaha pertambangan (IUP) yang sudah dicabut kepada organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, baik dari Islam hingga Buddha.

Bahlil mengatakan rencana tersebut bakal termaktub dalam revisi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Dirinya pun menyinggung soal peran penting yang dimiliki oleh ormas keagamaan sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia, sehingga pemberian IUP dinilai sebagai bentuk perhatian kepada kelompok tersebut.

“Pada saat Indonesia belum merdeka memang siapa yang  memerdekakan bangsa ini? Saat agresi militer 1948 yang membuat fatwa jihad memang siapa? Konglomerat? Perusahaan? Yang buat tokoh agama. Saat Indonesia sudah merdeka masa tidak boleh kita memberikan mereka perhatian?,” ujar Bahlil saat ditemui di kantornya, Senin (29/4/2024). 

Pertambangan (Dok: Bloomberg)


Menurut Bahlil, hal paling penting adalah agar ormas kegamanaan bisa menjaga tata kelola pertambangan dengan baik dan dikelola secara profesional dengan melibatkan mitra yang baik.