Logo Bloomberg Technoz

Korupsi Timah, Daftar Sitaan Jaksa dari Harvey Moeis Cs

Muhammad Fikri
21 April 2024 14:15

Kejagung menetapkan pengusaha Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi tata niaga komoditas PT Timah Tbk (TIMS), Rabu (27/3/2024). (Dok. Humas Kejagung)
Kejagung menetapkan pengusaha Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi tata niaga komoditas PT Timah Tbk (TIMS), Rabu (27/3/2024). (Dok. Humas Kejagung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kejaksaan Agung terus melanjutkan pengusutan kasus dugaan korupsi tata kelola niaga komoditas Timah pada wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk di Bangka Belitung pada periode 2015-2022. Sebanyak 16 orang telah ditetapkan sebagai tersangka, dan sejumlah nama lainnya masih terus menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Selain pemeriksaan dan penetapan tersangka, penyidik dari Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) juga telah melakukan sejumlah penyitaan aset yang berkaitan dengan para tersangka, perusahaan, atau lainnya dalam kasus ini. Selain dokumen dan barang bukti, Korps Adhyaksa ini juga mulai menyita sejumlah aset yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi atau pun mengamankan upaya pemulihan kerugian negara.

Salah satu barang sitaan yang sempat menyita perhatian adalah mobil mewah jenis Rolls Royce milik tersangka dan pengusaha tambang Harvey Moeis. Mobil ini sempat berseliweran di media sosial saat menjadi kado ulang tahun istrinya yang juga artis, Sandra Dewi. 

Berikut daftar uang, barang mewah, dan aset yang disita jaksa dalam kasus ini: 

Harvey Moeis
- Mobil Rolls Royce
- Mobil Mini Cooper S Countryman F 60
- Mobil Lexus RX300
- Mobil Toyota Vellfire
- Uang Tunai Rp76 miliar
- Rekening