Logo Bloomberg Technoz

AS & Israel Sepakat Bertemu Bahas Alternatif Serangan ke Rafah

News
02 April 2024 09:50

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Israel sepakat mengadakan pertemuan langsung untuk membahas perselisihan mereka tentang kemungkinan invasi Israel ke kota Rafah di Jalur Gaza selatan. Pertemuan ini akan dilakukan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membatalkan kunjungan sebelumnya di tengah hubungan kedua negara yang semakin memburuk.

Pertemuan tersebut, yang bisa diadakan secepatnya minggu depan, diumumkan dalam pernyataan hati-hati dari panggilan video Kelompok Konsultasi Strategis kedua belah pihak. Disebutkan bahwa AS "mengungkapkan keprihatinannya terhadap berbagai tindakan di Rafah," sementara Israel "setuju untuk mempertimbangkan keprihatinan ini dan mengadakan diskusi lanjutan antara para ahli."

Hal itu tampaknya menandai sebuah kelonggaran, meskipun kecil, oleh Netanyahu, yang sejauh ini secara terbuka menolak peringatan AS tentang rencananya untuk serangan skala penuh terhadap Rafah sebagai bagian dari upaya pasukannya membasmi Hamas.

AS telah mendesak Israel untuk melindungi lebih dari 1 juta pengungsi Palestina yang berlindung di Rafah, dengan Biden menyebut invasi yang mungkin dilakukan sebagai "garis merah". Menteri Luar Negeri Antony Blinken memperingatkan serangan itu akan memperburuk situasi kemanusiaan yang mengerikan di Jalur Gaza. Netanyahu bersikeras pasukannya akan maju setelah mereka membuat rencana untuk memindahkan warga sipil dari daerah tersebut.