Logo Bloomberg Technoz

Airin Rachmi jadi Caleg Partai Golkar dengan Suara Terbanyak

Redaksi
11 March 2024 11:00

Airin Rachmi (Instagram @airinrachmidiany)
Airin Rachmi (Instagram @airinrachmidiany)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menjadi kader Partai Golkar dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024. Berdasarkan data internal partai yang merujuk pada rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Airin tercatat mengantongi 302.878 suara di daerah pemilihan (dapil) Banten III.

Suara Airin juga turut mendongrak akumulasi suara partai berlambang pohon beringin tersebut hingga duduk di posisi kedua dengan perolehan menembus 15% suara. Meski masih hasil hitung sementara, capaian ini cukup tinggi karena Partai Golkar hanya meraih sekitar 12% suara nasional pada Pileg 2019.

“Beliau mampu mewujudkan penugasan dan harapan dari DPP Partai Golkar dengan prestasi membanggakan,” ujar Sekretaris DPD Golkar Provinsi Banten, Bahrul Ulum dikutip dari laman Partai Golkar.

Dengan perolehan tersebut, kata dia, Partai Golkar kemungkinan akan mengirimkan 2 kadernya menuju Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Dapil Banten III. Padahal, pada pemilu sebelumnya hanya bisa mengantar satu nama menjadi anggota legislatif pusat.

Popularitas Airin juga turut berdampak pada Pileg tingkat provinsi. Menurut Ulum, perolehan suara Partai Golkar meningkat signifikan sehingga bisa mengirimkan 14 nama menjadi anggota DPRD Banten; atau tiga nama lebih banyak dari Pileg Provinsi Banten sebelumnya.

Juru kampanye Partai Golkar dan Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Dok.Golkar)