Logo Bloomberg Technoz

Cara Manulife Agar Produk Reksa Dana tidak Dianggap Greenwashing

Mis Fransiska Dewi
16 January 2024 17:20

Ilustrasi investasi pada reksa dana saham. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi investasi pada reksa dana saham. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manulife Investment Management (MAMI) berkolaborasi dengan HSBC meluncurkan Reksa Dana Manulife Saham Syariah Environmental, Social, and Governance (ESG) Transisi Global Dolar AS kelas A2 (MAGET). MAMI menegaskan produknya bukan greenwashing.

Greenwashing merupakan aktivitas pemasaran dan promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membuat produknya seolah-olah ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu kriterianya sangat ketat. Ada berbagai kriteria di portofolio ini selain empat pilar yang kami selalu lakukan seperti G itu growth, C itu cash flow, M itu management, dan V itu valuation. Ditambah lagi ada kriteria ESG yang memang sangat ketat kami terapkan di sini,” kata Chief Economist & Investment Strategist MAMI Katarina Setiawan, Selasa (16/1/2024).

Katarina menyebutkan, kapitalisasi pasar MAGET harus besar seperti pemain-pemain dunia yang rekam jejaknya sudah terjamin. Katarina menyebutkan beberapa saham portofolio MAGET seperti di antaranya Microsoft, ABB, First Solar, dan Cisco. 

“Saham-saham tersebut bergerak di berbagai belahan dunia. Track recordnya sudah lama dan memang mereka benar-benar persisten di bidangnya selama bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun. Jadi bukan perusahaan yang dadakan muncul itu kami ambil. Itu yang kami lakukan untuk pemilihan portofolio,” ujar Katarina.