Logo Bloomberg Technoz

Daftar Reksa Dana Terbaik 2023: Ada yang Cetak Return Hingga 30%

Ruisa Khoiriyah
28 December 2023 13:10

Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja reksa dana sepanjang 2023 belum mampu bangkit dari keterpurukan. Setelah terperosok pada 2022, sepanjang tahun ini reksa dana yang dulu sempat menjadi favorit para investor pemula, justru semakin tersudut kinerjanya.

Namun, meski kinerja industri keseluruhan kurang bagus, beberapa produk reksa dana ternyata masih mampu mencetak return cukup tinggi mengalahkan indeks yang menjadi acuan aset dasar (underlying asset) terutama untuk jenis reksa dana saham yang bahkan ada yang mencetak return hampir 30% year-to-date.

Capaian kinerja reksa dana individual yang masih bagus bisa dipengaruhi oleh komposisi aset dasar yang menjadi 'keranjang' kontrak investasi kolektif tersebut. Bisa juga karena kepiawaian manajer investasi yang mengelola reksa dana itu sehingga bisa mendapatkan return maksimal.

"Pilihan komposisi underlying asset yang mempunyai prospek bagus di tengah mulai dilakukannya narasi "risk on" dengan melihat keadaan pasar yang lebih terukur dan sentimen window dressing, di mana MI sedang mempercantik kinerja portfolionya," jelas Dandhi Nur Prasetiyo, Research Analyst and Consultant Infovesta Kapital Advisori, Kamis (28/12/2023).

Apa saja reksa dana yang mampu mencetak kinerja bagus tahun ini? Daftar reksa dana berkinerja terbaik di bawah ini disusun berdasarkan analisis Infovesta Kapital Advisori, dengan mempertimbangkan capaian return kinerja dan memperhatikan kriteria batasan nilai dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) dan kinerja yang tidak anomali.