Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Kasih Waktu 4 Bulan TikTok Pisahkan Transaksi di Medsos

Dovana Hasiana
04 January 2024 18:15

Ilustrasi TikTok (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi TikTok (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih memberi waktu TikTok untuk menyelesaikan pemisahan transaksi dalam layanan TikTok Shop, hal sebelumnya menjadi keberatan Kementerian Koperasi dan UKM.

Menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat ini kolaborasi TikTok Shop yang hadir lagi di Indonesia dengan menggandeng Tokopedia, lini usaha PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, masih memasuki proses transisi.

Setelah empat bulan usai kesepakatan bisnis pada 10 Desember, pemerintah akan menggelar audit. Pernyataan Zulhas sejalan dengan pengumuman bersama GOTO dan TikTok bahwa “Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market),” tulis kedua perusahaan pada 11 Desember 2023.

“TikTok kita kasih percobaan tiga sampai empat bulan, nanti kita audit, nanti siapa, kita tunjuk untuk mengaudit,” jelas Zulhas di kantornya, Kamis (4/1/2024).

Zulhas membela TikTok Shop dan Tokopedia, bahwa perusahaan masih membutuhkan waktu dalam penyelesaian migrasi sistem. Menurut dia, secara teknologi itu tidak mudah.