Logo Bloomberg Technoz

Profil ITSS & GNI: Pemilik Smelter Morowali yang Meledak Beruntun

Sultan Ibnu Affan
29 December 2023 11:20

Pekerja PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara./dok. GNI
Pekerja PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara./dok. GNI

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kemarin, tepatnya Kamis (28/12/2023) sore sekitar pukul 17.20 WITA, smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI)  yang berlokasi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah terbakar.

Komandan Kodim 1311/Morowali Letkol Inf Alzaki mengatakan, penyebab insiden tersebut berawal dari percikan las di salah satu area sekitar pabrik. Dia juga mengklaim tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

"Kobaran yang terlihat di video sudah padam dan alhamdulilah tidak ada korban, serta tidak ada aktivitas yang terganggu,” kata Alzaki saat dimintai konfirmasi, Kamis malam.

Insiden ini menambah rentetan kasus kecelakaan kerja di areal perusahaan pengolahan nikel yang berada di Morowali, setelah 4 hari sebelumnya, kecelakaan kerja maut juga terjadi di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), tepatnya di smelter milik PT Indonesia Tshingshan Stainless Steel (ITSS). Insiden itu menewaskan 19 pekerja dan 30 lainnya luka-luka.

Meski tak ada korban jiwa di kebakaran GNI kemarin, areal pabrik Gunbuster sendiri tercatat telah beberapa kali mengalami kecelakaan sejak 2022 lalu, yang setidaknya telah menewaskan 6 orang pekerjanya.

Insiden smelter meledak milik PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI. (Tangkapan Layar video/ Ist)