Logo Bloomberg Technoz

Gedung Tertinggi di Los Angeles Terjual Rp2,28 T, Anjlok 45%

News
24 December 2023 13:30

Gedung AON (Bloomberg)
Gedung AON (Bloomberg)

John Gittelsohn - Bloomberg News - 

Bloomberg, Gedung pencakar langit tertinggi urutan ketiga di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) telah terjual seharga U$147,8 juta, sekitar Rp2,28 triliun dengan kurs rupiah saat ini. Harga itu lebih rendah sekitar 45% dibandingkan harga beli terakhir pada 2014 di tengah penurunan harga perkantoran akibat rendahnya okupansi dan mahalnya biaya pembiayaan. 

Penjualan tersebut menjadi nilai penjualan perkantoran terbesar tahun ini di Los Angeles, yang menjadi salah satu pasar perkantoran AS yang paling terpukul sejak pandemi menyusul tren remote working yang semakin populer ditambah kenaikan bunga pinjaman memangkas valuasi sehingga menghapus nilai saham pemilik. 

“Dengan basis baru yang rendah dan pemilik bermodal besar, Aon Center akan memiliki posisi kompetitif untuk menarik dan mempertahankan penyewa yang menginginkan menara pencakar langit dengan fasilitas lengkap di jantung pusat kota Los Angeles,” Sean Fulp, broker Colliers yang mewakili pembeli dalam sebuah pernyataan, Sabtu (23/12/2023).

Pembeli gedung pencakar langit itu adalah Carolwood LP, kelompok yang terdiri atas perusahaan investasi yang berbasis di Los Angeles, Daniel Abrams dan Adam Tischer, yang juga merupakan broker dengan Fulp dalam penjualan tersebut.

Penjualnya, Shorenstein yang berbasis di San Francisco, diwakili oleh Kevin Shannon dari Newmark Group Inc.

Hampir 30% ruang kantor di pusat kota LA tersedia untuk disewa atau disewakan pada kuartal ketiga, menurut laporan perusahaan broker properti Savills.

Banyak penyewa dan investor yang tidak tertarik dengan padatnya perjalanan di lingkungan tersebut dan tingginya populasi tuna wisma. Harga sewa di pusat kota 40% lebih rendah dibandingkan daerah yang lebih diinginkan, seperti Century City, yang tingkat ketersediaannya 16%, menurut Savills.

Afiliasi dari Brookfield Corp., yang pernah menjadi tuan tanah terbesar di pusat kota, gagal membayar tiga menara perkantoran di wilayah tersebut tahun ini. Pukulan tambahan bagi penjual adalah pajak transfer sebesar 5,5% yang disetujui pemilih atas transaksi real estat senilai lebih dari $10 juta yang mulai berlaku pada 1 April.

Harga perkantoran secara nasional telah turun 35% dari puncaknya pada kuartal pertama tahun 2022, ketika Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi, menurut perusahaan analisis real estate Green Street.

Aon Center 62 lantai, di 707 Wilshire Blvd., dibangun pada tahun 1973 dan dibeli pada tahun 2014 oleh Shorenstein dengan harga sekitar $268,5 juta, menurut catatan properti.

Harga jualnya mencapai sekitar US$134 per kaki persegi. Properti kantor besar di pusat kota LA yang paling baru dijual adalah gedung Union Bank. Kesepakatan itu ditutup pada bulan Maret dengan nilai US$104 juta, atau sekitar US$150 per kaki persegi.