Logo Bloomberg Technoz

Jokowi akan Resmikan Jembatan Otista di Pusat Macet Bogor

Pramesti Regita Cindy
19 December 2023 09:05

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa pagi (19/12/2023) akan meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor. Sebelumnya jembatan itu dibongkar karena merupakan jembatan lama dan mulai dibangun lagi pada Mei 2023.

Peresmian dijadwalkan pukul 10.00 WIB di lokasi. 

Jembatan Otista menjadi penting lantaran selama ini amat kecil ukurannya padahal fungsinya diperlukan. Pada saat jembatan ini dibongkar dan dibangun dilakukan rekayasa jalan yang menyebabkan kemacetan hingga pengalihan arus lalu lintas yang cukup menyulitkan bagi pengguna jalan. Hal ini menyebabkan terjadi penyumbatan arus lalu lintas jalan.

Namun pada saat jembatan ini belum diperlebar juga menjadi titik sumbatan kemacetan lantaran dua jalan sebelum dan setelahnya cukup lebar. 

Dari situs jembatanotistakotabogor.id, Pemerintah Kota Bogor mengumumkan pembangunan Jembatan Otista dimulai pada 1 Mei 2023 dan akan berlangsung hingga 8 Desember 2023. Jembatan Otista terletak di Kecamatan Bogor Tengah, merupakan salah satu titik kemacetan di Kota Bogor dan dianggap sebagai bottlenecking. Oleh karena itu membutuhkan pelebaran jembatan untuk melancarkan arus lalu lintas.

Jembatan Otista, Bogor. (Dok. Diskominfo Kota Bogor)