Logo Bloomberg Technoz

Perbedaan antara Debat Capres dan Debat Cawapres Perdana

Pramesti Regita Cindy
19 December 2023 08:30

Ilustrasi Capres Cawapres 2024 (Fahas/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres 2024 (Fahas/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan sejumlah perubahan yang akan terjadi pada acara debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024. Acara debat yang akan dikhususkan bagi para cawapres ini memiliki sejumlah perbedaan dengan debat pertama yang dikhususkan bagi para capres. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, salah satu perbedaannya adalah lokasi pelaksanaan debat. Sebelumnya, KPU menggelar debat capres di halaman kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Sedangkan debat cawapres akan berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC). 

"Kampanye debat cawapres diselenggarakan 22 Desember 2023, dimulai on air pukul 19.00 WIB. Tempat penyelenggaraan direncanakan di Jakarta Convention Centre," kata Hasyim, Senin (18/12/2023).

Debat pertama menjadi ajang adu visi misi dan program bagi para capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Mereka mendapat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sedangkan, debat kedua akan diikutin para cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mohammad Mahfud MD. Ketiganya akan membahas sejumlah tema yaitu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.