Logo Bloomberg Technoz

Bank Mandiri Klaim Salurkan Kredit Berkelanjutan Rp253 Triliun

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 December 2023 17:50

Bank Mandiri (Dok Bank Mandiri)
Bank Mandiri (Dok Bank Mandiri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan portofolio kredit berkelanjutan sebesar Rp 253 triliun atau 25% dari total kredit bank pelat merah tersebut.

Kredit hijau disalurkan melalui pembiayaan sosial atau social financing, pembiayaan hijau atau green financing, pinjaman terkait sektor berkelanjutan atau Sustainability-Linked Loan dan pinjaman transisi energi atau transition loan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam Mandiri Sustainability Forum (MSF) 2023 dengan tema 'Sustainability Acts: Why Now, What’s Next?', yang menjadi forum diskusi para pengusaha dan pemerintah mengenai potensi dan tantangan sektor lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

“Bank Mandiri berkomitmen untuk menavigasi kota yang padat dengan pembiayaan berkelanjutan, memastikan bahwa tindakan hari ini menjadi fondasi bagi lanskap keuangan dan sadar lingkungan di masa mendatang.” tutur Darmawan, Kamis (7/12/2023).

Dalam forum tersebut, Darmawan memaparkan tiga pilar strategi yang diusung dalam praktik dan implementasi ESG. Pertama, melalui pilar perbankan berkelanjutan untuk mendorong transisi Indonesia menuju negara dengan ekonomi rendah karbon.