Logo Bloomberg Technoz

Ada Risiko 'Hard Landing', The Fed akan Pangkas Bunga Maret 2024

Ruisa Khoiriyah
01 December 2023 11:20

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank sentral paling berpengaruh di dunia, Federal Reserve (The Fed), diprediksi akan memangkas bunga acuan paling cepat pada Maret 2024. Ini menurut perkiraan tim ekonom Bloomberg.

Data inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE) yang dirilis semalam, mencatat inflasi PCE sebesar 3% year-on-year dan 0% month-to-month, keduanya di bawah prediksi pasar. Sementera inflasi inti PCE pada Oktober tercatat sesuai konsensus pasar.

Data tersebut semakin memperlihatkan laju penurunan inflasi Amerika Serikat (AS) sudah berada di jalur yang tepat dan memperkuat perkiraan pasar bahwa langkah berikut dari The Fed adalah tahan dan memulai penurunan bunga tahun depan. 

Dalam ulasan terbaru tim ekonom Bloomberg Economics untuk Amerika, kondisi perekonomian AS memperlihatkan tanda-tanda resesi yang telah dimulai sejak Oktober lalu.

Grafik suku bunga the Fed. (Sumber: Bloomberg)

"Skenario kami adalah bahwa angka pengangguran akan terus naik secara persisten pada 2024 dan mendekati 5% pada akhir tahun, sebuah resesi ringan berdasarkan standar historis. Kami perkirakan The Fed akan mendapatkan kejelasan mengenai penurunan bunga dan akan memangkasnya pertama kali pada Maret 2024," jelas Anna Wong, Chief Economist Bloomberg Economics untuk Amerika, bersama ekonom Eliza Winger, Estelle Ou dan Stuart Paul, seperti dikutip hari ini, Jumat (1/12/2023).