Logo Bloomberg Technoz

Triliuner Bill Ackman Prediksi The Fed Pangkas Bunga Mulai Maret

News
29 November 2023 08:30

Bill Ackman (Sumber: Bloomberg)
Bill Ackman (Sumber: Bloomberg)

Amanda Cantrell - Bloomberg News - 

Bloomberg, Investor dan triliuner ngetop Wall Street Bill Ackman meyakini Federal Reserve (The Fed) akan memulai siklus pemangkasan bunga acuan lebih cepat ketimbang perkiraan pasar.

Pendiri perusahaan investasi Pershing Square Capital Management itu menyatakan langkah pengguntingan bunga acuan The Fed paling cepat akan dilakukan pada kuartal I-2024. Sementara mayoritas pelaku pasar sudah menghitung bunga acuan The Fed turun pada Juni 2024 di mana probabilitas dimulainya siklus penurunan pada Mei mencapai 80%, menurut pergerakan di pasar swap.

The Fed secara agresif menaikkan bunga acuan mulai Maret 2022 menyusul lonjakan inflasi yang luar biasa cepat di Amerika Serikat (AS), tercepat dalam empat dekade terakhir. Bank sentral sejauh ini belum memberi sinyal penurunan bunga acuan meski inflasi terlihat mulai melandai tahun ini.

"Apa yang terjadi adalah tingkat bunga riil, yang berdampak pada perekonomian, terus meningkat seiring penurunan inflasi," kata Ackman dalam wawancara The David Rubenstein Show, seperti dilansir oleh Bloomberg News, Rabu (29/11/2023).