Logo Bloomberg Technoz

Arsul Sani Hakim MK Baru, Eks Pengacara Pembela Aktivis Islam

Pramesti Regita Cindy
27 September 2023 13:10

Wakil Ketua MPR, Arsul Sani dipilih jadi Hakim MK. (Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR, Arsul Sani dipilih jadi Hakim MK. (Dok. MPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi III DPR menetapkan Arsul Sani sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan hakim MK Wahluddin Adams yang akan memasuki usia pensiun atau berumur 70 tahun pada 17 Januari 2024 mendatang.

"Komisi III memutuskan bahwa calon yang diusulkan oleh DPR menjadi hakim konstitusi menggantikan Dr. WahIduddin Adams adalah adalah Dr. Arsul Sani," kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di ruang Komisi III DPR-RI Senayan, Jakarta pada Selasa sore (26/9/2023). 

Diketahui Arsul Sani selama ini dikenal dengan politikus PPP. Dia lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada 8 Januari 1964. Arsul saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Latar belakangnya adalah profesi pengacara.

Dia semasa kecil menempuh pendidikan di SD Pekajangan dan lulus tahun 1976, SMP I Pekalongan lulus tahun 1979 dan lalu SMA Pekalongan I lulus tahun 1982. Untuk pendidikan tingkat tingginya, dia merupakan lulusan S1 Hukum, Universitas Indonesia. Dia kemudian melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Komunikasi di STIKOM The London School of Public Relations dan pendidikan S3 Justice & Policy dari Glasgow Caledonian University.

Politikus ini menapaki karier hukumnya menjadi pengacara publik di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan membela aktivis-aktivis Islam yang terlibat dalam tragedi Tanjung Priok pada tahun 1980-an.