Logo Bloomberg Technoz

Xinyi Glass China Investasi Industri Kaca & Panel Surya di Batam

Ezra Sihite
29 July 2023 10:11

Presiden Jokowi melakukan pertemuan membangun ekosistem industri kaca dan panel surya di Chengdu, China Jumat (28/7/2023). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi melakukan pertemuan membangun ekosistem industri kaca dan panel surya di Chengdu, China Jumat (28/7/2023). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Chengdu, China menyaksikan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama dalam membangun ekosistem hilirisasi industri kaca dan panel surya di Indonesia. Penandatanganan dilakukan di Hotel Shangri-La, Chengdu pada Jumat (28/7/2023).

"Sejumlah dokumen kerja sama dalam membangun ekosistem hilirisasi industri kaca dan panel surya di Indonesia di Hotel Shangri-La, Chengdu hari ini," kata Presiden Jokowi sebagaimana dicuitkan lewat akun Twitter resmi Presiden Jokowi dikutip Sabtu (29/7/2023).

Perjanjian kerja sama itu dilakukan bersama Xinyi Glass, perusahaan bidang kaca terbesar di dunia. Rencananya, ekosistem hilirisasi tersebut akan dibangun di Rempang, kawasan Batam.

"Saya mengapresiasi komitmen investasi Xinyi dalam mendukung hilirasi industri kaca dan panel surya di Indonesia," lanjut dia. 

Diketahui Jokowi melakuan kunjungan kerja dua hari ke Chengdu, China yakni 27-28 Juli 2023. Pada hari pertama dihasilkan 8 kerja sama yakni Plan of Action dari MoU Kesehatan, Protokol pembukaan akses pasar untuk produk pertanian tepung porang, Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian bubuk tabasheer, MoU riset & pengembangan industri plant breeding dan budi daya laut, MoU kerja sama saling tukar pengetahuan dan pengalaman untuk pembangunan IKN, MoU kerja sama “Two Countries, Twin Parks, MoU Kerja Sama Ekonomi dan Teknis dan MoU kerja sama pendidikan bahasa Mandarin.