Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Mungkinkan Harga Pertamax Green 92 Setara Pertalite

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 20:30

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertamina menyebut tidak menutup kemungkinan masyarakat akan mendapatkan harga yang sama untuk jenis Pertamax Green 92 seperti harga Pertalite hari ini. Pertamina diketahuhi berencana menghapus BBM Pertalite (RON 90) bersubsidi mulai tahun depan. 

"Tidak mungkin harganya diserahkan ke pasar. Tentu ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya," ujar Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam rapat dengan DPR, Rabu (30/8).

Nicke menjelaskan rencana penghapusan Pertalite merupakan bagian dari program Langit Biru untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Pada program Langit Biru Tahap 1, Pertamina telah menaikkan produk BBM subsidi dari BBM RON 88 Premium menjadi RON 90 Pertalite. 

"Aspirasi mengenai program langit biru tahap dua ini merupakan hasil kajian internal kami. Belum Ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami putuskan dan bahas lebih lanjut," ujar Nicke menjelaskan.

"Kalau misalnya dengan harga yang sama, tetapi masyarakat mendapatkan yang lebih baik, dengan oktan number yang lebih baik sehingga untuk mesin juga lebih baik, sekaligus emisinya juga menurun," tegas Nicke.