Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Lirik Eksplorasi Hidrokarbon di Tanzania

Sultan Ibnu Affan
23 August 2023 14:40

PLTP Kamojang yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy di Garut, Rabu (17/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
PLTP Kamojang yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy di Garut, Rabu (17/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) menyepakati kerja sama eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanzania, menyusul rencana investasi di sektor energi senilai US$1,5 miliar (sekitar Rp22,97 triliun) di Kenya.

Kesepakatan itu terjadi usai Presiden Tanzania Samia Suluhu bersama Presiden Joko Widodo 'Jokowi' bertemu di Dar Es Salaam pada Selasa, (22/8/2023), dalam rangka kunjungan Kepala Negara ke Benua Afrika.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pun telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan milik negara Tanzania, yakni  Petroleum Development Company (TPDC).  

Nicke mengatakan MoU tersebut diharapkan menjadi titik awal dimulainya kerja sama Pertamina di Tanzania untuk meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh rantai nilai minyak mentah.

“Kerja sama strategis di bidang energi antara TPDC dan Pertamina merupakan sebuah milestone untuk meningkatkan hubungan antara Tanzania dan Indonesia, mengingat TPDC dan Pertamina adalah badan usaha milik negara yang sepenuhnya dimiliki oleh masing-masing pemerintah,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (23/8/2023).