Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Makin Impresif, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham BBNI

Muhammad Julian Fadli
01 August 2023 15:42

Ilustrasi Bank BNI (Dok BNI)
Ilustrasi Bank BNI (Dok BNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Didukung ekspansifnya aktivitas ekonomi dengan tingkat pemulihan kredit dan kualitas aset yang diperkirakan meningkat, seiring dengan kinerja perbankan yang fokus terhadap pertumbuhan yang keberlanjutan, menjadikan prospek saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) lebih potensial kedepannya.

Bersamaan dengan kinerja keuangan pada semester I-2023 yang sesuai dengan ekspektasi. Tercermin dari laba bersih Bank BNI mencapai Rp10,3 triliun, tumbuh 17% secara tahunan (year-on-year/yoy). Sementara secara kuartalan, laba bersih berhasil tercatat Rp5,1 triliun, meningkat 5% yoy.

Analis Samuel Sekuritas Brandon Boedhiman dan Prasetya Gunadi memaparkan, Bank BNI berhasil menekan biaya provisi menjadi lebih rendah menjadi Rp2,4 triliun, dengan mencatatkan penurunan 15% yoy. Kemudian biaya kredit (Cost of Credit/CoC) hanya sebesar 1,4% di mana pada 2022 kemarin mencapai 2,2%. Hal tersebut merupakan beberapa pendorong utama kinerja Bank BNI pada semester I-2023.

“Selain itu, Bank BNI terus fokus pada peningkatan kualitas aset dan menyalurkan kredit hanya ke segmen berisiko rendah, yang menghasilkan angka pertumbuhan kredit yang cenderung  kurang signifikan sebesar 4,9% pada Juni,” papar Prasetya dan Brandon dalam riset yang diterbitkan.

Adapun kinerja kredit tersebut tercatat sejumlah Rp650,8 triliun, didukung oleh segmen korporasi swasta yang meningkat 16,6% yoy serta kredit payroll yang tumbuh 20% yoy.