Logo Bloomberg Technoz

Respon PDIP Soal Cuitan Mimpi Satu Gerbong Kereta SBY

Sultan Ibnu Affan
20 June 2023 17:30

Foto kolase Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: SBY Team/DPP-PD dan Dimas Ardian/Bloomberg)
Foto kolase Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: SBY Team/DPP-PD dan Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cuitan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang bermimpi berada dalam satu kereta dengan Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri, direspons oleh elite PDIP. 

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan bahwa cuitan tersebut menjadi pertanda bahwa sebagai mantan Presiden RI, SBY dinilai sedang mencari perhatian terhadap Megawati, yang juga sama-sama pernah menjabat sebagai Presiden RI.

Hal itu, kata Puan, bisa membuka peluang bangsa dan negara terlihat harmonis. Pasalnya, dahulu, kedua partai yang dipimpin oleh mereka, yakni Demokrat dan PDIP memang kerap berseteru dalam kancah perpolitikan nasional.

"Mungkin itu menjadi satu pertanda bagaimana membangun bangsa dan negara itu harus dilakukan bersama-sama, guyub adem ayem tanpa kemudian merasa yang satu tidak diperhatikan atau yang satu diperhatikan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Ia juga menilai jika hal tersebut bisa jadi pertanda awal mula bersama-sama dalam membangun politik Indonesia di masa mendatang adem-ayem. Dengan itu, lanjutnya, ia juga berharap tak ingin lagi ada pihak-pihak yang merasa dianaktirikan dalam politik.