Logo Bloomberg Technoz

Respons Terbaru AS soal Ledakan Besar Bendungan di Ukraina

News
07 June 2023 17:00

Kondisi terkini perang Ukraina vs Rusia.(dok Bloomberg)
Kondisi terkini perang Ukraina vs Rusia.(dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Ukraina bergegas mengevakuasi warga yang berada di derah banjir hilir bendungan Kakhovka, saat negara tersebut dan sekutunya mencoba meninjau dampak kemanusiaan, ekonomi dan ekologi.

Presiden Joe Biden mengatakan, Amerika Serikat (AS) akan terus mengalirkan bantuan ke Ukraina. Pemerintahannya mengatakan sedang menyelidiki pihak yang bertanggung jawab atas penghancuran bendungan, yang kemungkinan besar mengakibatkan banyak kematian. Kyiv menyalahkan Rusia, yang menurut para analis kemungkinan besar akan diuntungkan secara militer karena banjir dapat menghalangi potensi serangan pasukan Ukraina. Kremlin membantah bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Banjir, yang menjadi salah satu bencana buatan manusia terbesar di Ukraina dalam beberapa dekade terakhir, menggenangi hampir 2.000 bangunan di tepi barat Sungai Dnipro yang lebar. Pihak berwenang telah mengevakuasi sekitar 1.500 orang pada Rabu (07/06/2023) pagi waktu setempat. Seorang utusan China menyuarakan keprihatinan mendalam tentang dampak kemanusiaan, ekonomi, dan ekologi yang ditimbulkan oleh penghancuran pembangkit listrik tenaga air di Ukraina, lapor Xinhua.

Dampak Pasar