Logo Bloomberg Technoz

Beberapa Jam di Singapura, Jokowi Sodorkan Investasi IKN Rp39 T

Fransisco Rosarians Enga Geken
07 June 2023 15:40

Presiden Jokowi hadir dalam acara Ecosperity Week 2023 Singapura. (Dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi hadir dalam acara Ecosperity Week 2023 Singapura. (Dok. Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi lagi-lagi mengajak investor Singapura menanamkan modal atau berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Dia mengeklaim, proyek ambisiusnya tersebut adalah kesempatan emas bagi para investor untuk terlibat dalam pembangunan kawasan dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam. Dia juga mendorong para investor untuk segera membuat komitmen terlibat karena akan memberikan banyak keuntungan pada masa mendatang.

“Saya sarankan Anda untuk tidak menunggu terlalu lama," kata Jokowi pada Ecosperity Week 2023 di Singapura, Rabu (7/6/2023).
 
Menurut Jokowi, saat ini pemerintah sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan di kawasan IKN. Rencananya, seluruh pembangunan tahap awal ini akan rampung tahun depan.

Pemerintah pun telah menyiapkan sejumlah tempat yang bisa menjadi lokasi investasi sektor swasta untuk sejumlah bidang. Menurut Jokowi, pemerintah menyiapkan 300 paket investasi dengan nilai total US$2,6 miliar atau Rp39,88 triliun. 

"Di berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan bidang lainnya,” kata dia.