Logo Bloomberg Technoz

Selain menyediakan kredit modal kerja untuk badan usaha, Tez Capital juga memiliki produk pembiayaan investasi dan multi-purpose financing untuk kebutuhan spesifikasi mitra badan usaha.

Pinjaman dari Tez Capital sejatinya diterima oleh PT Waskita Karya Realty (WKR). Namun, lantaran WSKT adalah pemegang saham mayoritas, maka keuangan WKR dikonsolidasikan ke induknya tersebut.

Pada 15 November 2022, WKR menandatangani perjanjian bersama Tez Capital atas fasilitas pinjaman sebesar Rp30 miliar. Fasilitas pinjaman ini hanya dapat digunakan untuk modal kerja.

Tenornya selama 12 bulan. Artinya, pinjaman tersebut akan jatuh tempo di November tahun ini.

Berdasarkan perjanjian awal, plafon kredit sebesar Rp30 miliar. Namun, saldo pinjaman per akhir Maret 2023 sudah mencapai Rp39,18 miliar, naik dari sebelumnya Rp29,63 miliar di akhir Desember 2022.

Semakin menarik, lantaran bunga yang diberikan cukup tinggi. Besarannya mencapai 20% per tahun. 

Tingkat bunga tersebut melebihi bunga dari kreditur yang lebih umum memberikan kredit ke BUMN Karya seperti perbankan. 

Salah satunya, kredit modal kerja yang diterima WSKT dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) senilai Rp50 miliar. Bunga dari pinjaman Rp8% per tahun.

Manajemen belum bersedia berkomentar terkait pengambilan fasilitas pinjaman Tez Capital tersebut.

Terlepas dari kredit modal kerja berbunga tinggi itu, neraca keuangan WSKT saat ini memang sedang sakit. Pada saat yang sama, penyertaan modal negara (PMN) yang seharusnya menjadi asa WSKT justru tertunda.

Tiga ruas tol menjadi biang kerok tidak sehatnya neraca keuangan WSKT sekarang. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo belum lama ini.

Wamen dengan sapaan akrab Tiko itu menjelaskan, pihaknya memang tengah melakukan assesment ulang terhadap WSKT. Langkah ini dilakukan lantaran WSKT sebelumnya sempat mendapat PMN, tapi kondisi keuangannya tak kunjung membaik.

"Terutama ada tiga tol yang memang kondisinya membuat neraca keuangan WSKT semakin berat," kata Tiko, Rabu (24/5/2023).

Ketiga ruas tol itu adalah, Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung), Tol Becakayu, dan tol Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar yang merupakan bagian dari tol Surabaya-Mojokerto.

(dhf)

No more pages