Logo Bloomberg Technoz

Duel Mobil Listrik VS Mobil BBM: Siapa Juara Paling Irit?

Whery Enggo Prayogi
24 May 2023 17:15

Mobil listrik Hyundai. (dok perusahaan)
Mobil listrik Hyundai. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Semua seakan berlomba-lomba ingin memiliki mobil listrik. Pamornya sedang naik dengan iming-iming lebih ekonomis alias lebih irit dalam pemakaian sehingga bisa membantu penghematan anggaran bulanan. Belum lagi klaim ramah lingkungan yang menjadikan mobil listrik sebagai barang incaran nan edgy, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. Tentu bila itu dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak (BBM). Namun, apakah benar mobil listrik sehemat itu?

Bloomberg Technoz mencoba membandingkan dua mobil yang berbeda jenis sumber daya. Yaitu, mobil listrik Hyundai Kona Electric Facelift. Sedang di kelompok mobil berbahan bakar fossil, kita memilih Honda HRV tipe E. Keduanya cukup mewakili pasar otomotif bertipe small Sport Utility Vehicle (SUV) dengan two row atau dua baris tempat duduk.

Banderol Kona Electric Facelift tahun produksi 2021 adalah Rp697 juta. Sedangkan HRV tipe E berkisar Rp398 juta. Tentu harga terbaru kedua jenis mobil itu bisa berbeda-beda tergantung tipe dan tempat pembelian.  

Mobil listrik unggul dalam hal perawatan

Mobil listrik, berdasarkan data komparasi Bloomberg Technoz, bisa sangat efisien perihal perawatan. Biaya perawatan bisa 0 rupiah karena masih memiliki asuransi bebas biaya perawatan di bengkel resmi.