Logo Bloomberg Technoz

Luhut Lagi, Jokowi Tunjuk jadi Ketua Satgas Investasi IKN

Fransisco Rosarians Enga Geken
15 May 2023 20:45

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok Kemenko Marves)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok Kemenko Marves)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menunjuk Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menjadi pimpinan pelaksanaan kebijakan. Kali ini, Luhut ditunjuk sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono saat memaparkan perintah Jokowi agar seluruh urusan investasi pembangunan IKN harus satu pintu atau one stop shop. Setiap kementerian dan lembaga negara yang berurusan dengan investasi akan berada satu atap pada task force tersebut.

"Menko Marves Luhut yang akan mengkoordinir inter depth dan juga semua lembaga terkait. Sehingga, proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan lebih efisien," kata Bambang di Istana Negara, Senin (15/5/20230).

Menurut dia, satgas akan mempermudah para investor mendapatkan kepastian seluruh hal berkaitan dengan rencana investasi di IKN. Satgas tersebut akan diisi Kementerian Keuangan, termasuk direktorat jenderal pajak yang akan memaparkan dengan detil sejumlah insentif.

Pembangunan bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Kementerian PUPR juga akan memberikan sejumlah data teknis tentang kawasan IKN yang bisa menjadi opsi bagi para pengusaha untuk ikut dalam pembagunan. “Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear. Jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang," kata dia.