Logo Bloomberg Technoz

Bisnis Saratoga Tetap Berjalan, Meski Sandiaga Uno Jadi Cawapres

Yunia Rusmalina
15 May 2023 20:30

Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) Devin Wirawan menyatakan perusahaan akan berjalan seperti biasa meskipun sang pemilik, Sandiaga Uno aktif berpolitik bahkan digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden dalam gelarang Pemilu dan Pilpres 2024.

Kinerja perusahaan juga tidak akan terpengaruh atas rencana pribadi Sandiaga, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut. Pasalnya Sandi tidak menduduki posisi pada dewan direksi ataupun dewan komisaris perusahaan.

Dalam catatan keuangan kuartal I-2023, Sandiaga Uno hanya bertindak sebagai pemegang saham dengan kepemilikan 2,91 miliar saham atau setara 21,51% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh. Kepemilikan saham sandi juga tidak akan memengaruhi posisi perusahaan.

Menurut Devin, jabatan eksekutif di perusahaan investasi Saratoga telah dilepas Sandi sejak dirinya menduduki posisi politik di provinsi DKI Jakarta. Tepat pada 10 Juni 2015, atau delapan tahun lalu Sandiaga Uno melepas semua posisi di perusahaan.

“Memang benar Pak Sandi sebagai pemegang saham di Saratoga, namun menurut saya adanya pencalonan dirinya sebagai calon Wakil Presiden tidak akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan karena beliau sudah melepas semua role  eksekutif dan non eksekutif di Saratoga,” tutur Devin.